Lupa Minum Pil KB? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini.

376
loading...

Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan. Tingkat keberhasilannya mencapai 99,9 persen. Namun efektivitas ini hanya bisa didapatkan, bila mengonsumsinya secara teratur dan sesuai petunjuk. Maka diperlukan kedisiplinan saat menggunakan alat kontrasepsi ini. Tetapi, banyak wanita pengguna pil KB yang merasa bingung, apa yang harus dilakukan bila lupa mengonsumsi pil KB. Apalagi pil KB merupakan alat kontrasepsi yang harus dikonsumsi setiap hari.

“Tidak perlu panik, bila lupa minum pil sebelum 12 jam dari jadwal yang seharusnya, Anda bisa mengonsumsi pil yang terlupa, saat Anda ingat. Kemudian konsumsi pil berikutnya tetap di jam yang sama sesuai jadwal. Namun bila lupa sampai lebih dari 12 jam, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi yang lain, seperti kondom, karena meski tetap diminum, efektivitasnya akan berkurang,” ucap Boy Abidin, Dokter Spesialis Kehamilan dan Kandungan.

Efektivitas pil KB dapat bertahan selama 24 jam. Selama waktu itulah, Anda akan terlindungi. Jangka waktu tersebut yang mengharuskan Anda untuk mengonsumsi pil KB secara teratur, di jam yang sama setiap harinya.

Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin sintetis, yang menyerupai hormon alami wanita. Komponen estrogen dalam pil KB, akan menghentikan proses kematangan sel telur dalam ovarium. Sedangkan progestin bekerja dengan menghambat ovulasi, dan menyebabkan lendir atau mukus serviks menebal. Hal tersebut dapat menghambat sperma berjalan ke rahim, dan mencegah lapisan rahim dari penebalan, sehingga sel telur sulit menempel.

Cara kerja pil KB tersebut hanya bisa terjadi, bila Anda mengonsumsi pil KB secara teratur dan sesuai petunjuk. Dengan begitu, Anda dapat mencegah terjadinya kehamilan yang tidak Anda inginkan.

loading...

 

loading...
SHARE