Dikritik Amerika, Presiden Filipina: Ke Neraka Saja Kau Obama…

148
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (NPR/AP/Bullit Marquez)
loading...

Setelah menyebut Presiden Amerika Serikat Barack Obama “anak pelacur”, kali ini Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyebutnya untuk “ke neraka saja”.

Duterte lagi-lagi mengeluarkan komentar kontroversial soal Amerika Serikat, akibat terus mendapat kritik dan usikan dari Amerika Serikat soal keadaan Filipina.

Dalam pidatonya di sebuah konvensi dengan sejumlah pejabat dan pengusaha Filipina, Duterte menyampaikan kekecewaaannya terhadap Amerika Serikat.

Ia merespons desakan Amerika Serikat untuk menghentikan “pembunuhan massal” yang ia lakukan untuk memerangi peredaran narkoba di Filipina.

“Bukannya malah membantu Filipina, Departemen Dalam Negeri AS malah lebih sibuk mengkritik,” katanya, Rabu (5/10/2016).

loading...

“Ke neraka saja kau, Obama,” ucap Duterte lagi.

Ia pun memiliki keinginan untuk memutus hubungan Filipina dengan Amerika Serikat.

“Saya lebih baik bersama Rusia atau Tiongkok,” tuturnya.

Namun ia tidak memberi penjelasan lebih lanjut soal pernyataannya tersebut.

Kritik juga ia tujukan kepada Uni Eropa yang kerap mengecam Filipina soal pelanggaran HAM atas aksi pembunuhan kriminal narkoba itu.

Namun, juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan bahwa AS belum menerima permintaan penarikan kerjasama bilateral dengan Filipina.

“Meski kami menjaga aliansi kami dengan Filipina, Pemerintah AS tetap tidak akan ragu-ragu mengungkapkan kekhawatiran kami terhadap pembunuhan ekstrayudisial itu,” jelas Earnest. (AP/NPR/Tribunnews.com)

loading...
SHARE