Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Sempat Tembus Rp.13.700 per USD

143
loading...

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada pagi ini anjlok 4%. Bahkan Rupiah sempat menembus level Rp13.731 per USD. Namun, pergerakan nilai tukar hari ini belum terjadi di pasar.

Okezone melakukan pemantauan pada dua layanan penukaran uang (money changer) di dua tempat berbeda. Pada money changer, PT Ayu Masagung, transaksi pembelian dollar AS masih dilakukan di level Rp13.400, sedangkan untuk penjualan dolar AS berada di level Rp13.300.

Sementara itu, di money changer, Valuta Inti Prima, pembelian dolar AS sekira Rp13.415 per USD, sedangkan untuk penjualan AS sekira Rp13.330 per USD.

Dari keduanya, tidak ada aksi jual dolar AS yang signifikan. Bahkan terlihat biasa saja. Sebelumnya, Ekonom Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih mengungkapkan, anjloknya nilai tukar Rupiah ini disebabkan oleh dua hal. Pertama, pemilihan presiden AS dan kedua adalah sentimen pasar obligasi di AS.

Hanya saja, sentimen pasar obligas AS masih menjadi penyebab utama pelemahan nilai tukar Rupiah, pagi ini.

loading...

“Ya memang ada sentimen dari sana, tapi kita yang kena di antara negara ASEAN yang lain, ini kan tekanan berasal dari pasar obligasi di Amerika Serikat,” tuturnya. (rzy/okezone.com)

loading...
SHARE