Dari Semua Saksi Pelapor Ahok Tidak Ada Satupun Saksi Fakta Yang Melihat Kejadian Langsung

1439
loading...

Sidang ke 4 kasus dugaan penodaan agama terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hari ini digelar gedung Kementrian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Jadwal persidangan hari ini adalah mendengarkan keterangan para saksi.

Jaksa penuntut umum menghadirkan 6 saksi dalam persidangan hari ini. Namun dari ke enam saksi tersebut tidak ada satupun saksi fakta, artinya saksi yang mengalami dan mendengarkan langsung pada saat kejadian atau yang berasal dari penduduk kepulauan Seribu dmana Ahok menyampaikan pidatonya pada 27 September 2016 lalu

Pengacara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai ada sesuatu yang ganjil karena tak ada satu pun dari enam saksi itu yang berasal dari Kepulauan Seribu dan menyaksikan langsung pidato kontroversial Ahok pada 27 September 2016.

“Mereka yang ada di lokasi langsung (di Kepulauan Seribu pada 27 September) tak ada yang masuk jadi saksi (di sidang pagi ini). Mereka (6 saksi nanti) kan tidak tahu suasana dan konteks waktu itu. Padahal aspek suasana itu kan penting. Suasana di sana waktu itu santai, tidak ada yang marah,” kata Trimoelja.

Menurut Trimoelja, para saksi tersebut hanya mendengarkan dan melihat dari video yang diunggah pemprov DKI di channel youtube nya.

loading...

Dia menyatakan bakal ada klarifikasi langsung atau cross examination dalam persidangan nanti. Dia akan mendalami keterangan dari saksi-saksi yang dihadirkan pihak jaksa.

“Bukti-bukti mereka paling video,” kata Trimoelja, yang tak mau mengungkap strateginya dalam persidangan nanti.

Sebelumnya diberitakan, pelapor sekaligus orang yang nanti bersaksi, yakni Novel Bamukmin, menyatakaan para saksi memang tidak hadir di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, pada 27 September 2016, saat Ahok berpidato.

“Ke-14 orang ini semuanya hanya menyaksikan dari video,” kata Novel pada Kamis (29/12/2016) lalu.

loading...
SHARE